Sen. Mar 30th, 2020

Liputan Detik

Berita Hari Ini Dan Prediksi Bola Indonesia

7 Kesalahan Cuci Tangan Agar Tak Kena Virus Corona

3 min read
7 Kesalahan Cuci Tangan

7 Kesalahan Cuci Tangan Agar Tak Kena Virus Corona

Liputandetik.com, Jakarta – 7 Kesalahan Cuci Tangan Agar Tak Kena Virus Corona. Salah satunya langkah mencegah virus corona COVID-19 yang termudah serta murah ialah membersihkan tangan secara baik. Waktu mengerjakannya, disarankan memakai air yang mengalir serta sabun untuk bersihkan kuman atau virus yang berada di tangan.

7 Kesalahan Cuci Tangan Agar Tak Kena Virus Corona. Walau telah bersihkan tangan, bisa kuman, bakteri, serta virus akan melekat pada permukaan tangan. Bisa saja, ada kekeliruan yang dikerjakan waktu membersihkan tangan, yang membuat tidak bersih.

Diambil dari Reader’s Digest, yuk lihat beberapa kekeliruan yang kemungkinan seringkali dikerjakan sesudah membersihkan tangan.

Baca Juga : 5 Obat Anti Corona, Termasuk Obat Malaria Klorokuin

  1. Mencucinya kurang lama

    Waktu membersihkan tangan, perlu waktu minimum sepanjang 20-30 detik. Waktu itu dihitung sepanjang menggosok tangan dengan sabun dan dibasuh memakai air.

    Satu studi memperlihatkan, rata-rata orang cuma membersihkan tangan sepanjang 6 detik. Disamping itu, 15 % pria serta 7 % wanita tidak membersihkan tangan mereka sesudah memakai toilet.
  2. Tidak menggosok sampai ke pojok serta sela

    Tidak cuma telapak tangan serta jari, membersihkan tangan harus juga sampai ke pojok serta sela yang ada. Ini sebab kuman seringkali bersembunyi dibawah kuku serta antara jari.
  3. Tidak dikeringkan dengan optimal

    “Kuman suka bertumbuh biak dalam tempat yang lembab,” tutur dokter dari NYU medical center, Roshini Raj, MD.

    Untuk mencegahnya, sesudah membersihkan harus dikeringkan dengan optimal sampai betul-betul kering. Untuk mengeringkannya, dianjurkan memakai tisu.

    Tisu diketahui terbaik untuk mengeringkan tangan serta kurangi perkembangan kuman. Bila ingin memakai blower, kamu harus pastikan tangan kering dengan pertolongan udara yang dibuat.
  4. Membersihkan tangan cuma sesudah dari toilet

    Membersihkan tangan sesudah dari toilet benar-benar sangat disarankan. Tetapi, apa kuman cuma berada di toilet saja?

    Kuman berada di beberapa tempat, contohnya tombol lift, pegangan tangga, mesin ATM, serta barang sampai permukaan yang lain. Benar-benar dianjurkan, sesudah lakukan apa saja harus membersihkan tangan dengan sabun serta air mengalir.

    Disamping itu, juga bisa memakai hand sanitizer. CDC mengutarakan, jika cairan yang memiliki kandungan 60 % alkohol ini ampuh mematikan beberapa macam kuman.
  5. Membersihkan tangan dengan air panas

    Satu studi di Vanderbilt University Tennessee temukan jika air dingin dapat juga menolong kurangi jumlahnya kuman, seperti dalam memakai air panas. Ini berlaku asal mencucinya secara benar, gunakan sabun, dibasuh dengan air mengalir, serta dikeringkan dengan optimal.

    Untuk membunuh kuman, ada suhu terbaik yakni 100 derajat celcius. Tetapi, jika diguyur dengan air sepanas itu bagaimana nasib tangannya? Jadi jangan coba, belum pasti itu efisien.
  6. Sentuh permukaan sesudah bersihkan tangan

    Sesudah membersihkan tangan, dianjurkan jauhi sentuh permukaan yang lain. Bila itu dikerjakan, automatis kuman tadi telah hilang justru akan melekat . Ya sama juga dong, kotor kotor .

    Menurut studi NSF International tahun 2011, organisasi kesehatan serta keselamatan publik ini mengemukakan sembilan % dari keran kamar mandi yang diambil sampelnya di dalam rumah teruji positif mempunyai bakteri coliform. Disamping itu, 27% keran kamar mandi mempunyai 5% staphilococcus.
  7. Cuma pakai sabun anti bakteri

    Sampai sekarang, cuma sedikit ada bukti yang menjelaskan jika sabun anti bakteri betul-betul efisien dalam menahan infeksi dibanding sabun biasa. Ini dikatakan oleh US Food and Drug Administration (FDA).

    Jadi, untuk sekarang kalian dapat gunakan sabun apapun yang tentu saja mempunyai faedah untuk bersihkan kuman serta bakteri. Ini mempunyai tujuan untuk menahan kuman serta bakteri masuk ke badan.
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Komentar Terbaik