Sab. Jan 18th, 2020

Liputan Detik

Berita Hari Ini Dan Prediksi Bola Indonesia

Nasib ASIP di Lemari Pendingin? Jika Listrik mati Lama

2 min read
Nasib ASIP di Lemari Pendingin

Nasib ASIP di Lemari Pendingin

Liputandetik.com, Jakarta. Ibu menyusui yang kerja di luar rumah, umumnya menaruh Air Susu Ibu Perah ( ASIP) untuk persediaan minum anaknya di lemari-lemari pendingin. Mereka memompa serta menyimpannya dalam kantong-kantong spesial, selanjutnya menyimpannya di almari pendingin atau freezer, supaya sang anak masih terima ASI Eksklusif walau ditinggal melakukan aktivitas oleh sang ibu.

Baca juga : Therapy Jinjit Dapat Mengobati Stroke? Cek Kenyataannya

Tetapi, permasalahan akan tiba saat freezer tempat menaruh ASIP tidak berperan dalam tempo yang panjang karena listrik yang padam, seperti yang berlangsung tempo hari di Jakarta, Banten, serta sejumlah besar daerah Jawa Barat. Ini jadi momok menakutkan buat beberapa ibu menyusui, sebab usaha mereka untuk sang buah hati dapat amburadul.

Panduan menaruh ASIP saat listrik padam

Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia Nia Umar memberi beberapa panduan untuk perpanjang waktu ketahanan ASIP di almari bila sedang berlangsung pemadaman listrik. Hal pertama yang dapat dikerjakan dengan tidak membuka-tutup freezer penyimpanan. “Ketika listrik padam, yakinkan freezer jangan dibuka-buka, freezer jangan dibuka tutup,” kata Nia pada Kompas.com lewat pesan WhatsApp, Senin (6/8/2019) malam.

Baca juga : Produksi ASI Ditingkatkan Dengan 4 Langkah

Kemudian, Anda dapat juga selamatkan ASIP di freezer dengan membentenginya memakai balokan es batu serta kertas yang diremas. “Kalau cocok nyala, selekasnya bentengi stock ASIP dengan es batu balok, lalu dapat ditambah lagi kertas koran diremas-remas di sekelilingnya agar dapat meredam dingin,” tuturnya.

Waktu ketahanan ASIP

Nia menyebutkan, ASIP masih dapat diberi pada anak sepanjang masih mempunyai titik beku atausuhu dingin. “Kalau masih ada titik bekunya masih tidak apa-apa untuk diserahkan ke anak. Tapi, kalau telah mencair semua, karena itu cuma dapat dikonsumsi sampai 2-3 hari ke depan itu juga bila masih cukup dingin,” jelas Nia. Tetapi, akan berlainan saat ASIP yang disimpan tidak dingin serta bersuhu normal. “Kalau telah suhu ruang tidak dapat dipending serta tidak dapat dibekukan lagi,” ucap Nia.

Mengenai sebegitu lama almari pendingin bisa jaga suhu dingin beberapa barang di bawahnya, berlainan antar keduanya. Hingga waktu ketahanannya tidak bisa disamaratakan. “Ini susah dijawab dengan tentu, sebab keadaan kulkas setiap orang bermacam. Kulkas saya freezer terpisah sendiri serta lumayan besar, tidak banyak yang meleleh,” katanya.

Baca juga : 4 Manfaat Biji Srikaya yang Jarang Diketahui

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Komentar Terbaik