Sen. Jan 20th, 2020

Liputan Detik

Berita Hari Ini Dan Prediksi Bola Indonesia

Bermacam Langkah Hijaukan Jakarta, Urban Farming dan Rooftop Garden

2 min read
Bermacam Langkah Hijaukan Jakarta

Bermacam Langkah Hijaukan Jakarta, Urban Farming dan Rooftop Garden

Liputandetik.com, Jakarta – Bermacam langkah hijaukan Jakarta dari urban farming hingga rooftop garden juga dilakukan. Memang tidak gampang mengubah tempat perkotaan yang hanya terbatas untuk jadikan rimba. Untuk menyerap polusi udara Jakarta, diperlukan beberapa puluh pohon besar, berdaun lebat yang mempunyai banyak zat klorofil untuk dapat mengikat CO2 serta zat polutan yang lain.

Periset Ekofisiologi LIPI (Instansi Pengetahuan Pengetahuan Indonesia), Dr Nuril Hidayat, menjelaskan jika sebetulnya ada langkah untuk menanam pohon di tempat yang sempit.

Baca Juga : Cover PES 2020 dihiasi oleh Lionel Messi ditemani Scott McTominay

“Pohon-pohon besar lebih efisien untuk menyerap polutan. Tetapi untuk kota seperti Jakarta sebab lahannya sempit dapat diusahakan dengan tehnik urban farming, vertical garden, rooftop garden,” tuturnya waktu diwawancarai detikHealth, Selasa (30/7/2019)

Tidak hanya bagikan tanaman lidah mertua dengan gratis, pemerintah butuh memperhitungkan untuk meningkatkan jumlahnya taman kota untuk kurangi polusi udara Jakarta. Tetapi, tidak semua tanaman dapat ditanam disana, lho!

Diambil dari beberapa sumber, berikut bermacam langkah hijaukan Jakarta di tempat yang hanya terbatas

  1. Vertical Garden
    Taman vertikal atau sering disebutkan green wall ialah tehnik yang dipakai untuk menumbuhkan tanaman pada bagian yang lurus, dapat berdiri dengan sendiri atau menempel ke dinding. Vertical garden dibikin dengan hidroponik atau tanpa ada media tanah. Manfaatnya dapat meredam panas matahari, kurangi polusi udara serta tingkatkan supply oksigen.
  2. Urban Farming (Greenhouse)
    Urban farming ialah pekerjaan pertanian serta perkebunan yang dikerjakan di perkotaan umumnya dalam ide rumah kaca. Kenyataannya penghijauan masih dapat dikerjakan dalam keadaan ruangan yang sempit, paparan zat polutan serta sinar matahari yang hanya terbatas. Umumnya urban farming menanam hasil bumi seperti tanaman umbi-umbian. Keunggulannya, hasil panen sehatkan sebab ditanam dengan organik tanpa ada pestisida.
  3. Rooftop Garden
    Seperti namanya, Rooftop garden ialah pengerjaan taman di atap bangunan, dapat di atap rumah atau gedung perkantoran. Tidak seperti vertical garden yang cuma dapat dibikin dengan hidroponik. Rooftop garden dapat dibikin dengan media pot, atau aeroponik dengan media air.

Sumber Berita : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4645644/beragam-cara-hijaukan-jakarta-urban-farming-hingga-rooftop-garden

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Komentar Terbaik