Sen. Jan 20th, 2020

Liputan Detik

Berita Hari Ini Dan Prediksi Bola Indonesia

Go International, Barisan Gabungan Suara Ini Boyong 8 Penghargaan

3 min read
Go International

Go International, Barisan Gabungan Suara Ini Boyong 8 Penghargaan

Liputandetik.com, Jakarta – Go International, Barisan Gabungan Suara Ini Boyong 8 Penghargaan. Indonesia kembali mencatatkan riwayat. Melalui Gabungan Suara Mahasiswa (PMS) Voca Erudita Kampus Sebelas Maret (UNS) Surakarta, nama Indonesia diketahui dunia internasional.

Barisan gabungan suara itu, kembali mencatatkan prestasi serta mengharumkan nama Indonesia di arena internasional dengan menyapu delapan penghargaan dari dua persaingan Gabungan Suara Internasional berprestise yang diadakan di Italia, yakni 58th Seghizzi International Choral Singing Competition di Gorizia pada 19-22 Juli 2019, serta 8th International Choir and Orchestra Festival di Florence pada 24-26 Juli 2019.

PSM UNS Voca Erudita yang dibina oleh Prof. Dr. Ir. Susy Susmartini MSIE, dibantu oleh dua konduktor, Redi Sabtono S.Sn serta Ardian Dika Adhyatma S.Sn, dan diperkokoh oleh 34 vokalis ini mengawali persaingan pertama di 58th Seghizzi International Choral Singing Competition. Ini salah satu persaingan gabungan suara internasional paling tua serta berprestise di Eropa yang diadakan di kota Gorizia, Italia.

Melalui launching yang diterima VIVA diumumkan jika, team gabungan suara yang tampil di arena itu ialah team-team yang sudah selamat beberapa step audisi serta PSM UNS Voca Erudita dipilih jadi hanya satu perwakilan dari Indonesia yang berpeluang tunjukkan kekuatannya di mata dunia dengan berkompetisi ketat bersama dengan 12 team gabungan suara yang lain yang datang dari 10 negara berlainan.

Pada persaingan ini, PSM UNS Voca Erudita ikuti dua kelompok lagu, yaitu kelompok 1D “Historical Period since 1911 to the present day” serta kelompok 2A “Folk and traditional songs”. Voca Erudita sukses dipilih jadi satu dari enam team gabungan suara yang maju ke Set Grand Prix serta berkompetisi dengan lima gabungan suara dipilih yang lain yang datang dari Austria-Lithuania, Kanada, Filipina, Jepang, serta Ukraina.

Pada arena ini, Voca Erudita sukses menyapu empat penghargaan yakni 4th Place of category 1D “Historical Period since 1911 to the present day”, 3rd Place of category 2A “Folk and traditional songs”, Prize Choreography and Costumes, serta 4th Place of 31st Grand Prix Seghizzi.

Baca Juga : Posisi Bercinta yang Dapat Paling Banyak Membakar Kalori

Capai Prestasi Cemerlang di 8th International Choir and Orchestra Festival, Bawa serta Indonesia di Tempat Terhormat antar Bangsa Perjalanan PSM Voca Erudita UNS bersambung pada persaingan ke-2, yakni 8th International Choir and Orchestra Festival yang disebut persaingan gabungan suara serta orkestra yang diselenggarakan di jantung kota Florence, Italia. Pada persaingan ini, Voca Erudita ikuti kelompok A “Mixed Choir Adults” serta kelompok M “Modern and Contemporary Music”.

Dengan team yang sama yang sudah diambil lewat skema audisi, PSM Voca Erudita UNS kembali jadi hanya satu perwakilan dari Indonesia di persaingan ini serta menantang 14 peserta dari enam negara berlainan.

Keseriusan PSM UNS Voca Erudita dalam menyuguhkan tampilan paling baik pada persaingan ke-2 ini juga membawa hasil cemerlang. PSM UNS Voca Erudita sukses menyapu 4 penghargaan yakni 1st Place of Category A “Mixed Choir Adults”, 1st Place of Category M “Modern and Contemporary Music”, The Best Performance of Italian Composers Work “Vezzosi Augelli by Luca Marenzio” serta sukses memperoleh The Golden David jadi pemberi tanda Grand Champion of 8th International Choir and Orchestra Festival.

Tentang penghargaan The Golden David, Muhammad Hazim Fauzi, sebagai ketua PSM UNS Voca Erudita menerangkan jika penghargaan itu diberi jadi pernyataan atas hidangan PSM UNS Voca Erudita jadi barisan Gabungan Suara yang mempunyai sajian tampilan paling baik terutamanya dalam menginterpretasikan lagu yang dibawakan dalam tiap kelompok, sekaligus juga diambil jadi peserta paling baik dalam arena 8th International Choir and Orchestra Festival.

Jalankan Misi Budaya di Celah Serangkaian Persaingan

Di celah serangkaian pekerjaan di Italia, PSM Voca Erudita UNS manfaatkan peluang perjalanan berkompetisinya untuk semakin mengenalkan budaya Indonesia pada warga Italia lewat serangkaian konser misi budaya yang diadakan di kota Mossa serta beberapa gereja di kota Florence, Italia.

Tampil atraktif karena suport koreografi instruksi koreografer Paulus Krisna Wisnumurti, tampilan PSM UNS Voca Erudita sukses memikat warga Italia karena hidangan lagu-lagu wilayah dalam kelompok folklore serta waktu konser misi budaya. PSM Voca Erudita UNS mengharap bisa diketahui oleh warga lebih luas serta memberikan inspirasi beberapa pemuda Indonesia supaya terus junjung nasionalisme serta mengukir prestasi di mana saja ada.

Sumber Berita : https://www.viva.co.id/showbiz/musik/1170814-go-international-kelompok-paduan-suara-ini-boyong-8-penghargaan

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Komentar Terbaik