Sel. Feb 25th, 2020

Liputan Detik

Berita Hari Ini Dan Prediksi Bola Indonesia

Hewan Tertangguh di Dunia Bisa Terancam Pemanasan Global

2 min read
Hewan Tertangguh di Dunia

Hewan Tertangguh di Dunia Bisa Terancam Pemanasan Global

Liputandetik.com, Jakarta – Hewan Tertangguh di Dunia Bisa Terancam Pemanasan Global. Tardigrade diketahui jadi hewan paling kuat di dunia. Hewan ini dapat bertahan hidup di hampir semua konidisi dari mulai suhu dingin yang berlebihan, oksigen yang tipis, desakan yang tinggi, serta hidup di luar angkasa dengan radiasi kosmik.

Hewan Tertangguh di Dunia Bisa Terancam Pemanasan Global. Tetapi ada satu keadaan yang kelihatannya jadi kekurangan tardigrade yakni pemanasan global. Penemuan ini adalah dari hasil riset yang di pimpin oleh Ricardo Neves dari University of Copenhagen.

Dikutip dari Newsweek, Jumat (17/1/2020) riset ini lihat bagaimana salah satunya spesies tardigrade, Ramazzottius varieornatus, dapat bertahan hidup di beberapa keadaan temperatur.

R. varieornatus ialah spesies tradigrade yang dapat diketemukan di habitat air tawar seperti di talang atap. Sama dengan spesies tardigrade yang lain, R. varieornatus dapat masuk kondisi mati suri serta hentikan pekerjaan metabolismenya jadi tanggapan pada keadaan yang berlebihan.

Keadaan mati suri ini disebutkan dessication serta dapat berjalan sepanjang tahun. Dalam kondisi ini, tardigrade dapat bertahan hidup sepanjang tahun di lingkungan serta keadaan yang berlebihan.

Baca Juga : Kedatangan Samsung Galaxy A51 dan Galaxy A71 di Indonesia

Beberapa periset lihat bagaimana tardigrade yang diketemukan di Denmark dapat bertahan hidup di temperatur yang tidak sama. Mereka tempatkan beberapa tardigrade dalam kondisi aktif, serta yang lain dalam kondisi mati suri.

Periset temukan jika 50% tardigrade yang aktif mati waktu temperatur sentuh suhu 37,1 derajat Celcius. Waktu diberi waktu untuk beradaptasi, tardigrade sukses sampai suhu 37,6 derajat Celcius.

Dalam kondisi mati suri, tardigrade dapat bertahan hidup sampai suhu 82,7 derajat Celcius sepanjang satu jam. Dalam tempo 24 jam, temperatur maximum yang dapat menolong tardigrade bertahan hidup ialah 63,1 derajat Celcius.

Temperatur tertinggi di Denmark yang pernah dicatat ialah 36,4 derajat Celcius. Angka ini tidak jauh dibanding suhu maximum dimana tardigrade aktif dapat bertahan hidup.

“Bukti jika suhu rata-rata yang dapat mematikan untuk R. varieornatus aktif benar-benar dekat sama suhu maximum rata-rata di Denmark – asal dari sampel spesimen yang dipakai di studi ini – cukup mencemaskan menurut opini kami,” kata Neves.

“Walaupun tardigrade adalah salah satunya organisme paling tahun yang hidup di planet ini, sekarang jelas mereka rawan pada suhu tinggi. Oleh karenanya, nampaknya tardigrade sekalinya akan kesusahan hadapi kenaikan temperatur karena pemanasan global,” ujarnya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

1 thought on “Hewan Tertangguh di Dunia Bisa Terancam Pemanasan Global

Tinggalkan Komentar Terbaik