Sen. Jan 20th, 2020

Liputan Detik

Berita Hari Ini Dan Prediksi Bola Indonesia

Hujan Es Sebesar Kelereng Melanda Aceh Tengah

2 min read
Hujan Es Sebesar Kelereng

Hujan Es Sebesar Kelereng Melanda Aceh Tengah

Liputandetik.com, Aceh – Hujan Es Sebesar Kelereng Melanda Aceh Tengah. Hujan ini dibarengi angin kencang yang menempa beberapa desa di Kecamatan Jagong Jeget, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh, Minggu (7/7/2019) siang.

Kejadian alam berbentuk hujan es dengan memiliki ukuran sebesar kelereng turun di daerah dataran tinggi di Aceh, persisnya di lima kampung (desa) dari keseluruhan 10 desa di Kecamatan Jagong Jeget, Aceh Tengah

“Hujan es ini pun terjadi di lima desa, yaitu Paya Dedep, Paya Tungel, Jeget Ayu, Jaging Jeget, serta Bukit Kemuning di Aceh Tengah,” sebut Kepala Pelaksana Tubuh Penanggulangan Musibah Aceh, Teuku Ahmad Dadek di Banda Aceh.

“Hujan es ini berlangsung seputar jam 14.15 WIB, seputar 10 menit, saat saya baru pulang ke rumah sebab ada masalah di luar. Hujan es ini hadir sekaligus dengan angin kencang,” kata Suprihono (42), masyarakat Kampung Paya Tungel, Kecamatan Jagong Jeget, Kabupaten Aceh Tengah.

Diterangkan, hujan es berupa bundar sebesar ukuran kelereng atau ukuran jari orang dewasa itu biasa berlangsung satu tahun sekali tiap ada pergantian cuaca.

Baca Juga : Ayana dan Sonia JKT48 Latihan Lari Demi Jaga Kualitas Suara

“Umumnya cuaca berlebihan semacam ini berlangsung sebab pergantian cuaca atau musim, telah berapa ini hari, dalam tempat saya cuaca jika pagi sangat terasa dingin,” lanjut Supriono, yang seseorang penyuluh pertanian itu.

Dia bahkan juga sudah sempat mengontak beberapa partnernya di beberapa kampung di Kecamatan Jagong Jeget. Nyatanya, momen hujan es berlangsung di Kampung Paya Tungel, Jeget Ayu serta Bukit Kemuning.

“Sebagian besar kampung di Kecamatan Jagong Jeget berlangsung cuaca yang sama,” tutur Suprihono.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memberikan laporan, walau sebenarnya cuaca di daerah salah satu wilayah penghasil komoditas kopi baik type Arabika atau Robusta kualitas export saat berlangsung hujan es berjalan sedang mengalami kemarau dan matahari tengah bersinar terik.

Karena hujan es menempa, banyak tanaman masyarakat di kampung yang memiliki jarak seputar 30 km. dari Takengon, ibukota Kabupaten Aceh Tengah itu, alami kehancuran daun atau bunga.

“Barusan saya cek tanaman bawang merah di muka rumah, ya daunnya pada patah, lalu tanaman masyarakat seperti cabai pasti juga rusak, terhitung daun serta bunga tanaman kopi, umumnya rontok jika terserang hujan semacam ini,” papar Suprihono.

Team reaksi cepat BPBD Aceh Tengah sekarang melakukan analisis cepat untuk lakukan pencatatan rumah serta tempat pertanian masyarat ditempat yang terserang efek hujan es.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) ditempat sudah memperingatkan supaya warga waspada kekuatan berlangsungnya hujan es dibarengi berlangsung angin kencang yang disebut efek dari cuaca ektrem dalam dua satu pekan paling akhir serta menempa beberapa daerah di Aceh.

Sumber Berita : https://regional.kompas.com/read/2019/07/07/18234621/hujan-es-sebesar-kelereng-landa-aceh-tengah

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Komentar Terbaik