Jum. Feb 28th, 2020

Liputan Detik

Berita Hari Ini Dan Prediksi Bola Indonesia

Pembobolan HP Ilham Bintang dan Jeff Bezos

4 min read
Pembobolan HP Ilham Bintang

Pembobolan HP Ilham Bintang dan Jeff Bezos

Liputandetik.com, Jakarta – Pembobolan HP Ilham Bintang dan Jeff Bezos. Seminggu ini, rumor keamanan siber jadi perhatian beberapa orang. Masalah pembobolan telephone Ilham Bintang serta Jeff Bezos jadi kabar berita.

Pembobolan HP Ilham Bintang dan Jeff Bezos. Awal minggu ini dibuka dengan masalah pembobolan SIM Card serta rekening punya wartawan senior Ilham Bintang. Saat berlibur ke Australia, Ilham Bintang merasakan uangnya di Commonwealth Bank dikuras habis. Kerugian sampai beberapa ratus juta rupiah terhitung di BNI serta beberapa rekening bank lain.

Rupanya, ini bermula dari pembobolan SIM Card Indosat yang dipunyainya. Aktor berpura-pura jadi Ilham Bintang, lalu minta perubahan SIM Card di gerai Indosat Bintaro Jaya Exchange.

Ilham menyangka sudah dicari sindikat penjahat siber. Sesaat Indosat mengaku ada kekurangan pengawasan verifikasi di lapangan, tetapi siap menolong semua proses. Hal sama dikatakan Commonwealth Bank, walau lalu Ilham tutup rekeningnya disana.

Ilham telah melapor ke Polda Metro Jaya. Masalah ini sekarang sedang dalam penyelidikan polisi. Ilham Bintang menjelaskan ia telah memberi info pada polisi pada Kamis (23/1) serta OJK pada Jumat (24/1).

“Mudah-mudahan bencana yang menerpa saya ini menjadi momen perbaikan perlindungan warga terutamanya pada 171 juta pemakai telephone selular internet,” kata Ilham, Sabtu (25/1/2020).

Pengamat keamanan siber juga ramai-ramai memberi gagasannya. Pengamat keamanan siber Mochammad James Falahuddin percaya ini ialah kejahatan terorganisis. Alfons Tanujaya dari Vaksincom menjelaskan modus aktor ialah akui jadi Ilham Bintang untuk kuasai SIM Card.

“Jika sukses memperoleh SIM card itu dapat memperoleh TFA (Two Factor Authentication) serta OTP (One Time Password) nomor yang berkaitan. Sama juga dapat kuasai account korbannya,” kata Alfons.

Selain itu, pakar forensik digital Ruby Alamsyah, menjelaskan ini ialah modus SIM Swap Fraud. Supaya bisa jalankan tindakan itu, aktor akan terlebih dulu berusaha memperoleh data perbankan korban. Dalam masalah Ilham Bintang, aktor lakukan pendekatan ke korban dengan tehnik phising, vhising (voice phising), serta smishing (SMS phising). Ketiganya saling mempunyai tujuan menipu korban untuk memperoleh data-data pribadi.

Lain dengan Alfons, Ruby memiliki pendapat, bagian kekeliruan lebih berat pada pihak bank. Harusnya bank harus dapat jadi benteng paling akhir, sebab core usaha intinya memang masalah keuangan perbankan. SIM Card ialah jalan masuk beberapa aktor.

Baca Juga : Cukai Rokok Naik 23%, Konsumen Setop Merokok?

“Walau bank rely on operator agar bisa data-data, tetapi masih yang diperkokoh di skema bank-nya, core bisnisnya kan banking. Jadi harusnya tambah lebih aman. Untuk tiap pembobolan, yang perlu ditangkap skema di banknya,” tutupnya.

Alfons memberikan pendapat seperti berikut:

  1. Yakinkan memakai nomor HP yang permanen untuk One Time Password (OTP). Tidak dianjurkan memakai nomor prabayar sebab rawan didaur lagi atau diambilalih.
  2. Bila tiba-tiba kartu tidak berperan, berharap selekasnya bertindak mengontak operator untuk bertanya penyebabnya, serta bertindak cepat seperti memblok semua rekening penting, mengontak bank dan sebagainya.
  3. Tidak dianjurkan simpan nomor kartu credit di aplikasi e-commerce sebab bila kredensial sukses dicuri serta nomor HP sukses diambil pindah, kartu yang tercatat tinggal digunakan transaksi serta kesepakatan dikerjakan dari nomor HP yang dibajak barusan.
  4. Yakinkan piranti tidak memiliki kandungan malware. Install antivirus serta up-date patch software piranti dengan teratur.

Sedang Ruby memberikan pendapat yakni:

  1. Sadar akan keamanan IT
  2. Menjaga rahasia perbankan
  3. Selekasnya lapor saat SIM hp tiba-tiba tidak aktif
  4. Yakinkan aplikasi mobile banking memiliki keamanan tinggi

Masalah pembobolan lain yang ramai dikabarkan setelah itu yang menerpa orang paling kaya di dunia Jeff Bezos. Bos Amazon ini sebetulnya alami insiden pembobolan HP telah lama, Mei 2018.

Tidak tanggung-tanggung, tersangka pelakunya ialah putera mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed Bin Salman. Pembobolan disangka dengan WhatsApp.

Bezos terima pesan WhatsApp terenkripsi dari nomor yang dipakai sang Putra Mahkota.Pesan itu berisi file video yang diambil kesimpulan analis forensik memiliki kandungan malware yang mentransfer data dalam jumlahnya besar dari hp Bezos.

Lima bulan sesudah Bezos terima pesan itu, kolumnis Washington Post Jamal Khashoggi yang demikian gawat pada pemerintah Arab Saudi dibunuh di Istanbul. Lantas eberapa bulan selanjutnya pesan teks serta gambar yang diantar Bezos ke selingkuhannya, bekas presenter tv Lauren Sanchez diedarkan National Enquirer.

Masalah ini membuat Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) turun tangan serta minta supaya otoritas berkaitan selekasnya lakukan penyelidikan berkaitan insiden yang dirasakan oleh Bezos. Tetapi faksi Arab Saudi sudah menyanggah tuduhan peretasan itu.

“Laporan terbaru media jika Kerajaan ada dibalik hacking hp Mr Jeff Bezos ialah absurd,” ucap Kedutaan Besar Arab Saudi untuk Amerika Serikat di Twitter.

Gedung Putih juga pasang tubuh untuk Arab Saudi. “Arab Saudi jelas adalah sekutu penting,” papar Wakil Sekretaris Penting Gedung Putih Hogan Gidley dikutip dari Business Insider, Jumat (24/1).

Belum juga jelas dimana ujung narasi ini. Tetapi yang pasti, WhatsApp terkena sorotan sebab keamanannya yang lemah. Sangkaan ke arah pada Pegasus. Spyware bikinan perusahaan asal Israel, NSO Grup ini benar-benar hebat serta tahun yang lalu buat keseruan karena diketahui menyelinap pada telephone pegang beberapa orang penting lewat WhatsApp.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

1 thought on “Pembobolan HP Ilham Bintang dan Jeff Bezos

Tinggalkan Komentar Terbaik