Sel. Jan 21st, 2020

Liputan Detik

Berita Hari Ini Dan Prediksi Bola Indonesia

Pembuluh Darah SVAS kerap menyertai Sindrom Williams

2 min read
Kelainan Pembuluh Darah SVAS Juga Kerap Menyertai Sindrom Williams

Kelainan Pembuluh Darah SVAS Juga Kerap Menyertai Sindrom Williams

Liputandetik, JakartaSindrom Williams yang muncul akibat kelainan gen kerap disertai berbagai kelainan jantung dan pembuluh darah. Salah satunya adalah SVAS (Supravalvular Aortic Stenosis).

SVAS merupakan penyempitan (stenosis) pembuluh darah besar yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh.

Kelainan jantung yang sudah berkembang sebelum lahir ini bisa menimbulkan cacat pada lainnya seperti stenosis arteri dari jantung ke paru-paru.

Baca juga : Sindrom Williams, Gangguan Genetik Langka

Di seluruh dunia, SVAS terjadi pada 1 dari 20 ribu kelahiran bayi. Kelainan ini terjadi akibat mutasi gen ELN, gen yang membentuk serat elastis yang membangun fleksibilitas jaringan organ dan sendi.

Pada pemeriksaan dada, kerap ditemukan bunyi jantung yang tidak wajar. Jika tak ditangani, penyempitan aorta bisa menyebabkan napas pendek, sakit dada, dan gagal jantung.

Bukan hanya SVAS, kondisi kesehatan lain yang kerap menyertai Sindrom Williams antara lain hipertensi, perkembangan yang lamban, kecemasan, dan lainnya.

Ada banyak gejala dari sindrom ini. Namun yang paling jelas adalah karakter mereka yang selalu ramah, menarik dan sangat tertarik pada orang lain.

Pengidap sindrom ini mencintai, mempercayai hingga memperlakukan semua orang dengan sangat baik.

Tapi, di sisi lain umumnya mereka juga mempunyai masalah dengan kecemasan atau fobia yang disebut dengan attention deficit disorder (ADD).

Seringnya pengidap juga mempunyai penyakit kardiovaskular supravalvular aortic stenosis (SVAS). Ini adalah penyempitan pembuluh darah besar yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh.

Jika tidak ditangani dengan benar dan tepat, penyempitan aorta dapat menyebabkan sesak napas, nyeri dada, dan gagal jantung.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Komentar Terbaik