Sab. Jan 18th, 2020

Liputan Detik

Berita Hari Ini Dan Prediksi Bola Indonesia

Pengendara Adu Mulut Karena Rokok, Ini Ancaman Hukum Merokok

2 min read
Pengendara Adu Mulut

Pengendara Adu Mulut Karena Rokok, Ini Ancaman Hukum Merokok sewaktu Berkendara

Liputandetik.com, Indonesia – Pengendara Adu Mulut Karena Rokok, Ini Ancaman Hukum Merokok saat Berkendara. Saat berada di jalan raya, kita seringkali melihat pengendara sepeda motor meluncur sambil menghisap sebatang rokok. Bukan sekedar pengendara sepeda motor, kadang, pengendara mobil lakukan hal sama dari dalam kendaraannya dengan keadaan kaca terbuka.

Pengendara Adu Mulut Karena Rokok, Ini Ancaman Hukum Merokok saat Berkendara. Ini pasti membahayakan buat keselamatan si pengendara tersebut, sebab fokusnya akan terdiri. Tetapi, ada yang penting untuk dilihat dibanding itu. Merokok sekalian berkendara bisa membahayakan orang di seputar yang saling tengah berkendara.

Puntung rokok yang masih memiliki kandungan bara api, benar-benar gampang terbang terhempas angin serta masuk ke mata pemakai jalan lain. Ini pasti benar-benar bikin rugi, sebab bukan mustahil pengendara sebagai korban alami masalah kesehatan pada matanya, karena abu rokok panas yang dia bisa dari pengendara di depannya.

Baca Juga : Wanita Pengidap Gangguan Jiwa Lantunkan Ayat Alquran dengan Merdu

Salah satunya peristiwanya sempat direkam oleh warga serta menyebar di sosial media, diantaranya account Instagram @ndorobeii. Dua orang lelaki pengendara motor terjebak beradu mulut di pinggir jalan sesudah salah satunya salah satunya terserang percikan api dari puntung rokok yang datang dari pengendara lainnya.

Tetapi, waktu dikasih tahu tidak untuk merokok sekalian berkendara, aktor malah keluarkan kalimat dengan suara tinggi. Dia bertanya apa ada ketentuan yang melarangnya untuk merokok sekalian memakai sepeda motor, atau apa ada undang-undangnya?

Jawabannya, ada. Ya, merokok waktu berkendara dapat terancam pidana kurungan paling lama 3 bulan serta denda terbanyak Rp 750 ribu. Intimidasi ini merujuk pada Klausal 283 Undang-Undang Nomer 22 Tahun 2009 mengenai Lalu Lintas serta Angkutan Jalan.

“Setiap orang yang menyetir Kendaraan Bermotor di Jalan dengan tidak lumrah serta lakukan pekerjaan lain atau dikuasai oleh satu kondisi yang menyebabkan masalah konsentrasi dalam mengemudi di Jalan seperti disebut dalam Klausal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda terbanyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah)”

Merokok, jadi salah satunya pekerjaan yang disebut tidak lumrah serta menyebabkan masalah konsentrasi. Larangan ini selanjutnya dipertegas dengan terbitnya Ketentuan Menteri Perhubungan No 12 tahun 2019 pada klausal 6C. “Pengemudi dilarang merokok serta lakukan kegiatan lain yang mengganggu konsentrasi saat sedang memakai sepeda motor”

Sumber Berita : https://www.kompas.com/tren/read/2019/10/09/151232465/viral-pengendara-adu-mulut-akibat-rokok-ini-ancaman-hukum-merokok-saat

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Komentar Terbaik