Jum. Jan 24th, 2020

Liputan Detik

Berita Hari Ini Dan Prediksi Bola Indonesia

Planet Jupiter Lemparkan Asteroid dan Komet ke Bumi

2 min read
Planet Jupiter Lemparkan Asteroid

Planet Jupiter Lemparkan Asteroid dan Komet ke Bumi

Liputandetik.com, Indonesia – Planet Jupiter Lemparkan Asteroid dan Komet ke Bumi. Planet Jupiter dipandang seperti pelindung Bumi dari terjangan asteroid atau komet. Namun riset paling baru dari ilmuwan ini mengklaim jika di lain sisi, Jupiter membahayakan Bumi.

Planet Jupiter Lemparkan Asteroid dan Komet ke Bumi. Kevin Grazier, pakar fisika yang dahulu kerja di NASA, gemar mempelajari apa gravitasi Jupiter menangkis atau menelan komet dan asteroid menjauh dari planet ini. Tetapi simulasinya justru tunjukkan malah planet gas raksasa itu ‘melemparkannya’ ke Bumi.

Satu teori terkenal yakni teori Jupiter Shield, tunjukkan jika dengan massa yang mengagumkan, Jupiter melakukan tindakan seperti perisai raksasa di ruangan angkasa. Planet itu mengisap atau menangkis puing-puing bebahaya yang masih ada dari pembentukan tata surya.

Walau logis, tapi sepanjang dua dekade paling akhir teori ini telah dikesampingkan. Kevin Grazier dari West Poin US Military Academy serta NASA salah satu orang yang menyangkal teori ini.

Jadi, Jupiter menurut Kevin bukan perisai Bumi tetapi ‘sniper’. “Simulasi kami tunjukkan jika Jupiter sama besar kecenderungannya kirim komet ke Bumi di samping menjauhkannya,” katanya, diambil dari Fox News.

Baca Juga : Kisah Perang 3 Tahun Google Lawan Malware Joker

Berarti, Jupiter memang membuat perlindungan Bumi serta pada saat yang juga sama membahayakan. Kevin memandang hal tersebut membuat Jupiter harus dicermati. Penyebabnya, asteroid pasti benar-benar mengakibatkan kerusakan seandainya sampai menabrak Bumi.

“Ada beberapa ratus object dekat Bumi yang mempunyai potensi membahayakan. Saya fikir kita saat ini harus makin banyak memberikan perhatian masalah apa yang berlangsung lebih jauh di sekitar lingkungan Jupiter,” cetusnya saat interviu dengan Gizmodo.

Dalam simulasinya, Kevin mendemonstrasikan proses kompleks bagaimana object luar angkasa yang mendekat ke Jupiter masuk ke orbitnya dan dilemparkan, hingga dapat jadi intimidasi pada Bumi.

“Dia ambil beberapa benda yang meneror bumi serta menjauhkannya, bersihkan angkasa dekat planet kita. Jadi dalam soal itu, dia bertindak jadi seperti perisai,” kata Jonti Horner, astronom di University of Southern Queensland, Australia.

“Tetapi di lain sisi, dia ambil suatu hal yang tidak berada di dekat Bumi serta melemparkannya kesini, yang berarti Jupiter jadi intimidasi,” pungkasnya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Komentar Terbaik