Sel. Jan 21st, 2020

Liputan Detik

Berita Hari Ini Dan Prediksi Bola Indonesia

Presiden Xi Jinping Serukan Hong Kong Kembali Stabil di Tahun Baru

2 min read
Presiden Xi Jinping

Presiden Xi Jinping Serukan Hong Kong Kembali Stabil di Tahun Baru

Liputandetik.com, Jakarta – Presiden Xi Jinping Serukan Hong Kong Kembali Stabil dalam Pidato Tahun Baru. Presiden China Xi Jinping menyampai pidato tahun barunya dengan menyerukan agar Hong Kong kembali pada kondisi konstan sesudah beberapa bulan dirundung protes pro-demokrasi. Kondisi yang damai serta serasi, menurut dia penting buat kemakmuran pusat finansial Asia itu.

Presiden Xi Jinping Serukan Hong Kong Kembali Stabil dalam Pidato Tahun Baru. “Kemakmuran dan kestabilan Hong Kong ialah kemauan beberapa sejawat dari Hong Kong serta keinginan rakyat di tanah air,” kata Xi dalam pidatonya yang disiarkan tv pada Selasa 31 Desember 2019.

Tindakan protes pecah di Hong Kong Juni berkaitan proposal undang-undang yang sangat mungkin tersangka pelanggar hukum di Hong Kong diekstradisi ke China daratan untuk diadili.

Walau legislasi itu pada akhirnya diurungkan, protes bersambung dengan tuntutan-tuntutan reformasi demokrasi dan penyelidikan atas dakwaan pelanggaran yang dikerjakan polisi pada beberapa pengunjuk rasa, seperti dilanisr VOA Indonesia, Rabu (1/1/2020).

Protes yang sering diatasi dengan keras itu menjerumuskan Hong Kong ke krisis dan merusak reputasi kota itu sebagai salah satu wilayah teraman di dunia.

Baca Juga : Japan Airline Bagikan 50 Ribu Tiket Pesawat, Tunjukan Sisi Lain Jepang

Sisa koloni Inggris ini diarahkan ke pemerintahan China pada 1997 dengan janji jika kota itu diperbolehkan menjaga skema hukum, kebebasan sipil serta ekonomi kapitalisnya. Tetapi, sebenarnya, bersamaan perjalanan waktu, China malah memperketat cengkeramannya pada Hong Kong.

Demonstrasi Tahun Baru

Masyarakat Hong Kong menyongsong tahun baru dengan lakukan demo besar di beberapa daerah. Beberapa pengunjuk rasa bertujuan mengganggu semarak serta kegiatan berbelanja. Kegiatan demonstrasi tercatat naik semenjak Natal 2019.

Acara yang disebutkan “Suck the Eve” dan “Shop with you” diawali saat malam tahun baru, 31 Desember. Tempat yang menjadi sasaran ialah distrik Lan Kwai Fong, Victoria Harbour, serta beberapa pusat belanja terkenal.

Pada 1 Januari, demonstrasi lain akan diawali dari taman di Causeway Bay ke arah distrik Central. Civil Human Rights Front (CHRF) sebagai penggerak acara mengatakan polisi telah memberikan izin untuk tindakan mereka.

CHRF awalannya membuat tindakan damai pada Juni lalu untuk menampik RUU Ekstradisi. Protes masyarakat Hong Kong ternyata terus bersambung walau RUU Ekstradisi telah diurungkan. Awal Desember lalu, CHRF mengklaim 800 ribu orang ada pada peringatan 1/2 tahun demonstrasi mereka.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Komentar Terbaik