Sel. Feb 25th, 2020

Liputan Detik

Berita Hari Ini Dan Prediksi Bola Indonesia

Punya WhatsApp dan Instagram, Facebook Tak Terkalahkan

1 min read
WhatsApp dan Instagram, Facebook

Liputandetik, Indonesia – Mark Zuckerberg Facebook mungkin sedang tersenyum lebar. Dalam satu dekade terakhir, yaitu antara tahun 2010 sampai 2019, Facebook dan aplikasi yang dimilikinya betul-betul berkuasa.

Ya, perusahaan pengamat toko aplikasi mobile, App Annie, menutup tahun 2019 dengan publikasi Decade in Review, menampilkan aplikasi terpopuler dari tahun 2010 hingga sekarang. Analisis memakai data yang diambil dari Apple App Store dan Google Play Store.

Juara pertama aplikasi paling banyak di-download adalah Facebook, diikuti Facebook Messenger ditempat kedua. Lalu posisi ketiga ada WhatsApp, diikuti dengan Instagram.

Baca juga : Ini 50 Password Terburuk Tahun 2019, Ada yang Kamu Pakai?

Artinya, 4 besar aplikasi terpopuler adalah milik Facebook. Instagram dibeli FB pada tahun 2012 senilai hanya USD 1 miliar, dan WhatsApp mereka caplok di 2014 senilai USD 19 miliar.

Zuck memang berhasil dalam keputusan akuisisi itu, yang sekarang kelihatan hasilnya. Akan tetapi di sisi lain, ia dianggap terlampau berkuasa. Belakangan pun sudah sering muncul agar regulasi untuk Facebook diperketat, sampai ada saran memecah perusahaan.

Empat aplikasi tersebut masing-masing jumlah penggunanya miliaran. “Ini tidak oke,” sergah Taha Yasseri, periset senior di Oxford Internet Institute.

“Sebuah perusahaan memiliki empat media sosial dan aplikasi komunikasi yang paling populer, itu bisa disebut sebagai monopoli data,” cetusnya.

“Jika dikombinasi, data dari platform berbeda itu bisa berujung pada modelling kebiasaan dan karakter kita dengan level presisi tinggi. Jumlah besar kekuasaan semacam ini harus diregulasi,” tandasnya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Komentar Terbaik