Sen. Mar 30th, 2020

Liputan Detik

Berita Hari Ini Dan Prediksi Bola Indonesia

Ragam Sumber Serat Agar Pencernaan Lancar dan Sehat

3 min read
Ragam Sumber Serat

Ragam Sumber Serat Agar Pencernaan Lancar dan Sehat

Liputandetik.com, Jakarta – Ragam Sumber Serat Agar Pencernaan Lancar dan Sehat. Konsumsi makanan memiliki serat bagus untuk menolong jaga seorang terlepas dari masalah pencernaan. Tahukah kamu apapun makanan yang memiliki kandungan serat?

Ragam Sumber Serat Agar Pencernaan Lancar dan Sehat. Medical Marketing Manajer Kalbe Nutritionals dr Adeline Devita menjelaskan serat ialah zat yang terdapat pada makanan seperti buah serta sayuran. Serat adalah sisi dari tanaman yang tidak bisa diserap oleh badan. Tetapi belakangan ini arti serat alami perubahan dengan pemahaman yang lebih pas berkenaan dengan peranannya di pada tubuh.

“Serat didapat dari makanan seperti sayuran serta buah yang kita makan disebutkan serat kasar (crude fiber). Tidak hanya serat kasar, ada serat makanan yang bukan hanya ada pada buah dan sayur, tapi ada juga pada makanan lain contohnya beras, kentang, kacang-kacangan serta umbi-umbian,” jelas dr Adeline pada detikHealth belakangan ini.

Menurut dr Adeline, serat akan punya pengaruh pada penggunaan glukosa, sekresi insulin serta penggunaan glukosa oleh sel hati. Serat makanan punya pengaruh dapat mengikat cholesterol serta asam empedu hingga punya pengaruh pada perputaran enterohepatik cholesterol.

“Dalam usus besar, serat bisa dimetabolisme oleh bakteri kolon serta bisa membuahkan asam lemak rantai pendek yang bisa menghalangi pengerahan asam lemak serta kurangi glukoneogenesis,” tuturnya.

Sangat banyak faedah serat untuk badan kita. Oleh karenanya, kita harus perbanyak konsumsi serat yang akan menolong badan dalam menyerap cholesterol jahat serta menyerap toksin yang ada pada makanan.

Sayuran hijau adalah makanan yang harus dikonsumsi. Tidak hanya memiliki kandungan banyak mineral dan vitamin yang bermanfaat buat badan, sayuran adalah makanan memiliki serat tinggi yang seringkali kita temui. Seperti wortel, kentang, bayam, kangkung, seledri, buncis, dan selada.
Sesaat buah-buahan yang mempunyai kandungan serat tinggi yakni alpukat, jambu biji, apel, pir, mangga, pepaya serta nanas.

Baca Juga : Alasan Virus Corona Menyebar dengan Cepat

Tetapi dr Adeline memberi catatan saat memproses bahan pangan yang memiliki kandungan serat tinggi itu, seharusnya butuh memerhatikan waktu, suhu, dan jumlahnya air minimal yang dipakai untuk memasak. Waktu masak yang kelamaan, suhu yang begitu tinggi, serta jumlahnya cairan yang kebanyakan bisa membuat makin banyak nutrisi yang hilang pada sayuran.

“Makin berkurang air yang digunakan untuk mengolahnya, makin banyak nutrisi yang bisa dipertahankan, khususnya untuk sayuran yang memiliki kandungan vitamin larut air. Karena itu, dianjurkan untuk memasak sayuran, khususnya yang memiliki kandungan vitamin larut air (seperti vitamin C serta vitamin B) dengan dikukus. Langkah ini dapat dibuktikan terbaik. Beberapa riset memperlihatkan jika brokoli yang dibuat dengan dikukus bisa menjaga kandungan vitamin C-nya sampai 80%, dibanding diproses dengan cara lain,” jelasnya.

Karena itu, awalilah penuhi keperluan serat harian dengan konsumsi sayuran serta buah itu serta tentu saja diproses secara pas. Berdasar Analisa Kesehatan Fundamen (Riskesdas) tahun 2017, keperluan serat harian yang disarankan seputar 30 gr /hari untuk orang dewasa. Tetapi 9 dari 10 masyarakat Indonesia (umur > 10 tahun) cuma konsumsi 7 gr /hari. Karenanya, membantu melengkapi keperluan serat harianmu dengan Nutrive FiberShot.

Minuman tinggi serat yang memiliki kandungan 16 sari sayur dan buah untuk menolong pelihara aliran pencernaan. Disamping itu, sebab kandungan Nutrive FiberShot berbentuk serat 5 gr dari ekstrak sayur dan buah dan rendah gula 8 gr, karena itu aman dipakai pada anak di atas 1 tahun.

Mengonsumsi 2 botol Nutrive FiberShot tiap hari bisa menolong penuhi keperluan serat harian sampai 10 gr. Karena itu, menjaga peranan pencernaan badan dengan Nutrive FiberShot yang bisa saja langkah enak penuhi serat.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Komentar Terbaik