Thu. Dec 12th, 2019

Berita Hari Ini Dan Prediksi Bola Indonesia

Suara Mengerikan Ketika Badai Matahari Menyapu Bumi

2 min read
Suara Mengerikan Ketika Badai

Suara Mengerikan Ketika Badai Matahari Menyapu Bumi

Liputandetik.com, Indonesia РSuara Mengerikan Ketika Badai Matahari Menyapu Bumi. Team peneliti dari Finlandia mengubah aktivitas elektromagnetik menjadi suara saat Bumi terkena badai Matahari (solar storm). Suara ini diambil dari kegiatan yang berlangsung di susunan magnetosfer.

Suara Mengerikan Ketika Badai Matahari Menyapu Bumi. Dikutip dari Science Alert, suara di magnetosfer ada berbentuk gelombang magnetoakustik yang berlangsung saat susunan itu membuat perlindungan planet dari angin matahari. Makin kuat anginnya, karena itu semakin kencang suara di magnetosfer.

Saat partikel bermuatan listrik dari angin Matahari menghantam magnetosfer, beberapa partikel itu dipantulkan kembali oleh medan magnet kembali pada Matahari.

Pantulan ini selanjutnya bertabrakan kembali dengan angin Matahari yang masih berhembus dan menghasilkan ketidakstabilan dalam plasma hingga menghasilkan gelombang magnetoacoustic.

Suara di luar angkasa itu sebenarnya tidak dapat terdengar telinga, sebab suara tidak dapat menjalar dalam tempat hampa udara (vacuum). Tetapi ilmuan bisa lakukan alterasi “bunyi” magentoakustis itu jadi suara yang dapat didengar manusia.

Saat itu dikerjakan, karena itu terdengar bunyi seperti suara angin serta kicauan. Suara juga dapat makin menegangkan saat ada badai matahari yang berlangsung.

Baca Juga : 5 Tips Membersihkan Penis Supaya Sehat, Bikin Pasangan Senang

Berikut suaranya saat magnetosfer sedang tenang serta alami badai matahari:

Suara Badai Matahari

Suara itu diamankan oleh empat pesawat luar angkasa yang mengorbit di bumi, yaitu Cluster. Pesawat itu punya Tubuh Luar Angkasa Eropa.

Cluster mereka enam badai matahari yang berlangsung di wilayah foreshock, yakni satu daerah terluar dimana angin matahari menghajar magnetosfer.

Saat cuaca sedang tenang, magnetosfer membuahkan gelombang berfrekuensi rendah serta didominasi oleh satu frekwensi tunggal. Sesaat, saat badai matahari berlangsung, frekuensinya jadi tambah tinggi serta ada beberapa gelombang frekwensi tinggi yang terdengar.

Dalam masalah lain, gelombang itu dapat juga mengakibatkan saluran jet cepat di magnetosheath (masih daerah magnetosfer) yang dapat menyebabkan masalah geomagnetfik, mengakibatkan alat komunikasi, navigasi, serta skema kelistrikan dapat terusik.

Badai matahari juga punyai satu bagian positif, yaitu dapat menimbulkan aurora saat erupsi magnetik yang berlangsung di permukaan matahari dapat sampai ke bumi.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *